My Collaboration

Bab terakhir rumus ON dari Pak Jamil adalah CollaboratiON. Buat saya, collaboration berarti bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang kita harapkan. Biasanya orang-orang ini adalah bagian dari lingkup pergaulan kita sehari-hari. Istilah dalam bahasa kerennya: networking.

Networking bisa dengan siapa saja. Kita tidak pernah tahu siapa orang yang akan membantu kita saat kita sedang kesulitan. Maka akan sangat baik jika networking dibangun tanpa pamrih.Dalam kasus saya, saya membangun networking dengan komunitas TDA Tangerang. Saya berusaha aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh TDA Tangerang, walaupun masih sangat terkendala oleh waktu karena saya adalah seorang karyawan. Nah, ternyata pada waktu seleksi Trainer TDA, Ketua TDA Tangerang ditanya oleh pihak panitia, apakah para pelamar dari wilayah Tangerang (salah satunya saya) memiliki kontribusi ke komunitasnya. Alhamdulillah, ternyata saya dianggap cukup berkontribusi.

Dan dari sinilah jalan saya mulai terbuka. Dari sini pula saya akan memulai design hidup saya sendiri sebagai seorang trainer dan entrepreneur.

Maka mulailah ber-kolaborasi. Tentunya tidak harus di TDA. Banyak sahabat hebat yang saya kenal memilih kolaborasi dengan komunitasnya Pak Jamil yaitu Komunitas Sukses Mulia. Dan ternyata memang TDA punya histori yang dekat dengan Pak Jamil, baik secara personil maupun sebagai komunitas.

Di luar sana pun saya rasa banyak bertebaran komunitas-komunitas yang cocok dengan diri kita, komunitas yang gue banget. Manusia pada dasarnya mencari orang yang sama dengan dirinya. Maka jika anda menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan passion, kesamaan hobi dengan anda, akan lebih mudah membangun hubungan dengan mereka.

Yuk mulai collaboration dari sekarang. Anda tidak pernah tahu, siapa tahu salah satu dari kenalan anda adalah orang yang kelak membukakan pintu sukses untuk anda.

Pastikan bahwa anda sudah membuat vision yang gue banget, jalan hidup yang anda design sendiri, jalan hidup yang sesuai dengan passion anda. Lakukan action berdasarkan vision tersebut. Padukan dengan collaboration. Bila belum berhasil, coba lagi. Kadang orang yang menyerah tidak sadar betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka berhenti.

Mudah-mudahan anda menemukan keajaiban dalam melaksanakan rumus ON, sebagaimana yang telah saya dapatkan.

Good Luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published.