«

»

Oct 02

Workshop Amazing Slide Presentation

Microsoft Powerpoint bukanlah software yang asing buat banyak orang, apalagi orang-orang yang seringkali tampil di depan publik dan melalukan presentasi.

Buat saya pribadi, Powerpoint tidak lebih dari sekedar alat untuk mengcopy paste tulisan di buku untuk kemudian ditayangkan di big screen via projector.

Ternyata itu salah besar…

Workshop dua hari tanggal 28-29 September lalu membuka mata saya bahwa ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan oleh sebuah software bernama Microsoft Powerpoint.

Thanks to mas Dhoni Firmansyah, my coach, saya tersentak pada kenyataan bahwa this is not just a software, but more than that. Ini adalah sebuah tools untuk mentransfer ide dari seorang presenter ke audiensnya.

Ide adalah sesuatu yang abstrak. Bagaimanapun menariknya ide tersebut, bila disajikan dengan cara yang salah, akan menjadi sesuatu yang tidak menarik. Bahkan malah membuat audiens bosan dan mengantuk.

Menit-menit awal presentasi adalah waktu yang krusial. Di menit awal itulah audiens akan menilai apakah presentasi kita menarik minatnya… atau tidak. Audiens bisa berasal dari beragam background. Maka ketika presentasi kita tidak menyentuh minat mereka, it’s over already.

Workshop ini mengajarkan tentang cara-cara membuat slide anda di powerpoint memiliki makna. Dengan demikian slide itu menjadi magnet bagi audiens dan menarik minat mereka. Bukan sekedar bullet points, bukan sekedar gambar yang diberi text, tapi lebih dari itu. Slide menjadi sebuah kesatuan gambar, tulisan, audio dan bahkan film, yang mengalir dan menjabarkan tentang ide yang disampaikan oleh seorang presenter. Inilah yang sering luput dari perhatian.

Memang slide bukan segalanya. Kemampuan seorang trainer dalam membawakan konten tetap nomor 1. Bahkan ada orang-orang hebat yang mampu menghipnotis audiens tanpa menggunakan tools presentasi. Tetapi kemampuan tersebut akan jauh lebih maksimal ketika didukung dengan sarana yang baik pula. Sebagai contoh, coba lihat bagaimana Steve Jobs membawakan presentasinya dengan bantuan slide. It was excellent.

So, ngga salah buat anda yang sering menggunakan slide presentasi untuk mengikuti workshop ini. Dijamin ilmunya kepake banget.

Hanya sayangnya, ternyata workshop di Jakarta ini adalah workshop terakhirnya Mas Dhoni di kota ini. Pasalnya beliau akan memperdalam ilmunya dengan berguru langsung dengan pakar presentasi, Garr Reynolds, di Jepang.

Semoga berhasil memperoleh ilmu yang dicari mas. Wish you all the best.

1 comment

  1. Diego

    kalau boleh tau bagaimana cara untuk memberikan code html pada power point?

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>