«

»

Jan 23

Peluang vs Keluhan

Pagi ini nonton video kiriman teman di grup tele. Isinya tentang founder Alibaba grup, Jack Ma, yang sedang memberikan speech di depan audience di sebuah acara.

Yang pertama ada di pikiran saya adalah satu kata: ‘Amazing’.

Yup. Amazing. Kalau lihat penampilan orangnya rasanya agak sulit percaya jika orang ini yang mendirikan grup Alibaba. Tubuhnya kurus, wajahnya tirus. But… His english is excellent.

Belum lagi motivational speech yang dia sampaikan. Ada banyak clue tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam ucapannya. Salah satu yang saya catat adalah ini:

“Peluang ada di mana orang mengeluh” – Jack Ma

Banyak orang mengeluh tentang banyak hal. Mulai dari urusan remeh temeh sampai urusan yang lebih besar. Nah, buat orang yang berpikir, keluhan orang tentang sesuatu hal sebetulnya adalah sebuah peluang.

Coba lihat gojek, grabbike, atau uber. Semuanya menyuguhkan solusi sarana transportasi ditengah hingar bingar kemacetan ibukota. Mau cepet dan murah? Pake ojek modern via app. Mau agak nyaman tapi tetap lebih murah daripada taxi? Pake taxi modern via app. Semuanya menjawab keluhan-keluhan yang selama ini ada di masyarakat.

Tentunya tidak semua keluhan punya peluang untuk di monetary atau bernilai uang. Tinggal pintar-pintarnya kita untuk memilah mana yang kita percaya bisa menghasilkan dan mana yang tidak.

So, ternyata tidak perlu jauh-jauh mencari peluang. Tidak perlu juga berlama-lama mencari gelar akademis untuk mencari peluang. Buka mata buka telinga. Dengarkan keluhan orang-orang disekitar kita. Siapa tahu keluhan itu adalah peluangmu.

Have faith always. Good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>