«

»

May 15

Inspirasi dari Sandiaga Uno

Sesi tadi malam sungguh istimewa. Setelah ditunggu-tunggu oleh banyak peserta, akhirnya datanglah sesosok publik figur yang terkenal care dengan perkembangan kewirausahaan di indonesia. Sosok itu yaitu Sandiaga Uno.

Kenapa sesi ini istimewa? Tidak lain karena kami panitia berbaur dengan peserta untuk mengikuti sesi pemuncak ini. Artinya saya yang bertugas di bagian informasi akhirnya dapat meninggalkan post dan mengikuti acara ini secara utuh. Lumayanlah.

Pak Sandi mengingatkan bahwa dimanapun kita berada, yang penting adalah melakukan action dan jangan menunggu. Ini karena waktu tidak akan pernah sesuai dengan kemauan kita. Jadi sangat tidak dianjurkan untuk berniat membuka usaha menunggu iklim usaha membaik. Segeralah mengambil tindakan. Beliau berkata, “15 tahun dari sekarang, kita akan lebih menyesali hal-hal yang tidak kita lakukan, lebih dari hal yang kita lakukan.”

Pak Sandi juga mengutip perkataan dari Warren Buffet. Jika sebuah produk memiliki brand, maka brand seorang entrepreneur adalah reputasinya. Reputasi ini meliputi integritas, intelligence, dan energi (passion).

Dulu dia mengira jalan menuju sukses ada dua cabang, yang satu menuju kegagalan, yang satu menuju kesuksesan yang sebenarnya. Tetapi saat ini Pak Sandi menyimpulkan bahwa jalan itu sebenarnya hanya ada 1. Maka ketika menghadapi kegagalan, yang harus kita lakukan adalah bangkit lagi. Jangan menyalahkan sesuatu, because that is only an excuse. Itu hanya alasan. Inilah yang dia sebut persisten atau gigih.

Secara garis besar, ada 4 kartu as modal kerja yang mutlak dimiliki pengusaha, yaitu:
1. Kerja keras atau persistence
2. Kerja cerdas
3. Kerja tuntas
4. Kerja ikhlas

Menyangkut point terakhir, yaitu kerja ikhlas, beliau memberi contoh ketika perusahaannya saat masih merangkak dibayar dengan menggunakan mobil bekas, kertas stationary bekas, dan saham dari perusahaan yang tidak memiliki nilai. Dengan ikhlas beliau menerima pembayaran tersebut dan menyimpan kertas sahamnya. Tidak disangka, beberapa bulan kemudian ternyata saham tersebut naik nilainya, bahkan sampai 5x dari fee konsultasi sebelumnya. Inilah contoh kerja ikhlas.

Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab dari peserta ke Pak Sandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>